Pages

Pages

Jumat, 25 Januari 2019

Cara Membuat Daftar Isi Tidak Manual/Otomatis Di Microsoft Word

Haloo teman-teman

Selamat datang di My Blogger 💕💕

Di artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat daftar isi di microsoft word 2013. Tentu kalian sudah tau dong apa itu daftar isi. Akan tetapi past banyak dari kalian yang belum tau tentang cara membuat daftar isi namun tidak manual. Kebanyakan dari kalian pasti membuat daftar isi dengan mengetik sendiri halaman dan tulisannya, bahkan kalian membuat titik-titik pada daftar isi juga dilakukan dengan manual, padahal hal tersebut memakan waktu lho teman-teman. Belum lagi jika nanti terdapat halaman yang berubah atau bergeser, tentu kalian harus mengedit lagi bukan ? dan mengedit halaman yang selalu bergeser adalah hal yang menyebalkan. Saya yakin kalian tidak ingin hal tersebut terjadi. Nah di artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat daftar isi yang meskipun halaman bergeser atau berubah didalam daftar isi tersebut juga akan mengikuti, dalam arti misalkan halaman bergeser dari 7 ke halaman 8, maka dalam daftar isi itupun akan otomatis megikuti. Nah tidak usah banyak basa basi langsung saja kita bahas mengenai caranya, disini saya akan memberi contoh daftar isi pada sebuah makalah yaa. 

Caranya yaitu :
  
1. Copy seperti BAB I, BAB II, DST lalu klik home-->lalu tekan heading 1 
Lakukan satu persatu, misal copy bab i lalu klik heading 1. Copy bab ii lalu klik heading 1, begitu seterusnya sampai selesai.



Lalu untuk subbab seperti latar belakang, tujuan, manfaat dan lain sebagainya. Sama langkahnya yaitu copy lalu klik home --> lalu pilih heading 2.
Lakukan satu persatu pula, misal copy latar belakang lalu klik home --> heading 2, copy manfaat lalu klik home-->heading 2, begitu seterusnya sampai selesai.




2.  Siapkan dokumen kosong yang akan digunakan untuk menempatkan daftar isi.
Setelah itu kalian klik references-->klik table of contents-->lalu kalian pilih sesuai selera, maka akan muncul dengan sendirinya daftar isinya.









Nah disitu kalian tinggal mengatur sedikit, misal kata BAB I akan ditambah kata pendahuluan dan lain sebagainya.  

TAMBAHAN untuk heading sendiri bisa sampai banyak lho, jadi tidak hanya heading 1 dan 2 saja, ketika kalian menggunakan heading 2, maka otomatis biasanya heading 3 akan muncul. Jadi seandainya kalian di dalam subbab masih ada subbab lagi, kalian bisa menambahkan. 






Bagaimana Teman-teman ?

Cukup mudah bukan ? namun akan lebih mudah lagi jika kalian mempraktikkannya di komputer atau laptop kalian. Selamat Mencoba


baca juga : Cara Mengganti Kata/Kalimat yang Sama (Replace) secara Keseluruhan di Microsoft Word 2013


Nah cukup segini dulu ya artikelnya, semoga bermanfaat dan membantu kalian semua, semoga juga dapat menambah pengetahuan kalian semua. jika ada yang ingin ditanyakan atau kalian ingin memberikan kritik dan saran yang membangun kalian bisa tuliskan di kolom komentar.



Terima kasih sudah mengunjungi My Blogger 💕💕

Tidak ada komentar:

Posting Komentar