Haloo
teman-teman
Selamat datang di
My Blogger 💕💕
Di artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat daftar isi di
microsoft word 2013. Tentu kalian sudah tau dong apa itu daftar isi. Akan
tetapi past banyak dari kalian yang belum tau tentang cara membuat daftar isi
namun tidak manual. Kebanyakan dari kalian pasti membuat daftar isi dengan
mengetik sendiri halaman dan tulisannya, bahkan kalian membuat titik-titik pada
daftar isi juga dilakukan dengan manual, padahal hal tersebut memakan waktu lho
teman-teman. Belum lagi jika nanti terdapat halaman yang berubah atau bergeser,
tentu kalian harus mengedit lagi bukan ? dan mengedit halaman yang selalu
bergeser adalah hal yang menyebalkan. Saya yakin kalian tidak ingin hal
tersebut terjadi. Nah di artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat daftar
isi yang meskipun halaman bergeser atau berubah didalam daftar isi tersebut
juga akan mengikuti, dalam arti misalkan halaman bergeser dari 7 ke halaman 8,
maka dalam daftar isi itupun akan otomatis megikuti. Nah tidak usah banyak basa
basi langsung saja kita bahas mengenai caranya, disini saya akan memberi contoh
daftar isi pada sebuah makalah yaa.
1. Copy seperti BAB I, BAB II, DST lalu klik home-->lalu tekan heading 1
Lakukan satu persatu, misal copy bab i lalu klik heading 1. Copy bab
ii lalu klik heading 1, begitu seterusnya sampai selesai.
Lalu untuk subbab
seperti latar belakang, tujuan, manfaat
dan lain sebagainya. Sama langkahnya yaitu copy lalu klik home --> lalu pilih heading 2.
Lakukan satu persatu pula, misal copy latar belakang lalu klik home --> heading 2, copy manfaat lalu klik home-->heading 2, begitu seterusnya sampai
selesai.
2.
Siapkan dokumen kosong yang akan digunakan
untuk menempatkan daftar isi.
Setelah itu
kalian klik references-->klik table of contents-->lalu kalian pilih sesuai
selera, maka akan muncul
dengan sendirinya daftar isinya.
Nah disitu kalian
tinggal mengatur sedikit, misal kata BAB I akan ditambah kata pendahuluan dan
lain sebagainya.
TAMBAHAN untuk heading sendiri bisa sampai banyak lho,
jadi tidak hanya heading 1 dan 2 saja, ketika kalian menggunakan heading 2,
maka otomatis biasanya heading 3 akan muncul. Jadi seandainya kalian di dalam
subbab masih ada subbab lagi, kalian bisa menambahkan.
Bagaimana Teman-teman ?
Cukup mudah bukan ? namun akan lebih mudah lagi jika kalian mempraktikkannya di komputer atau laptop kalian. Selamat Mencoba
baca juga : Cara Mengganti Kata/Kalimat yang Sama (Replace) secara Keseluruhan di Microsoft Word 2013
Nah
cukup segini dulu ya artikelnya, semoga bermanfaat dan membantu kalian
semua, semoga juga dapat menambah pengetahuan kalian semua. jika ada
yang ingin ditanyakan atau kalian ingin memberikan kritik dan saran yang
membangun kalian bisa tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih sudah mengunjungi My Blogger 💕💕
Tidak ada komentar:
Posting Komentar