google.com, pub-7298211395672723, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Blogger Keren: Cara Membuat Daftar Pustaka Tidak Manual Di Microsoft Word

Jumat, 18 Januari 2019

Cara Membuat Daftar Pustaka Tidak Manual Di Microsoft Word

Haloo teman-teman selamat datang di My Blogger 💕

Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat daftar pustaka yang otomatis atau dalam arti tidak manual. Tentu buat kalian yang masih sekolah atau kuliah atau mungkin sudah kerja pun tidak asing dengan kata daftar pustaka dan menaruh daftar pustka pada setiap laporan ,makalah atau hal-hal yang lain. Apa sih kegunaan daftar pustaka ? daftar pustaka sendiri berguna sebagai bukti atau catatan bahwa kita mengkutip dari artikel maupun buku orang lain, ketika kita mengutip karya orang lain baik itu buku atau hal lainnya kalian harus menuliskan referensinya atau buku yang kalian kutip tersebut, tujuannya adalah agar kalian tidak disebut sebagai plagiasi atau melanggar hak cipta.  Nah kebanyakan dari kalian pasti ketika menulis daftar pustaka itu dengan cara yang manual kan ? dalam arti kalian sendiri yang menulis nama terlebih dahulu, baru tahun dan ketentuan yang lainnya. Padahal ada cara yang lebih mudah teman-teman, tanpa kalian harus mikir tahun dulu atau judul dulu yaa misalnya. Nah gak usah bertele-tele lagi kita bahas caranya ya : 

1. Klik reference lalu klik manage sources



2.  Kalian klik New   



3. Lalu pada bagian type of source kalian pilih berasal dari mana kalian mengutip. Dari buku/artikel/yang lainnya kalian pilih.
Lalu kalian isi :
·         Author                 : nama penulisnya
·         Title                       : judulnya
·         Year                       : tahun penulisan
·         City                        : kota tempat diterbitkan
·         Publisher            : pencetak atau penerbitnya.
Setelah semua ter-isi lalu klik OK


4. Nah setelah kalian isi akan muncul seperti ini. Jika kalian ingin menambahkan referensi yang lain cukup klik new lagi. 


5. Nah untuk langkah yang terakhir cukup mudah nihh. Kalian buka halaman yang akan digunakan untuk menempatkan daftar pustaka tersebut. Pastikan halamannya kosong yaa. Karena biasanya daftar pustaka itu ditempatkan di halaman tersendiri. Nah lalu kalian klik reference lagi --> klik bibliography --> lalu pilih sesuai selera, maka secara otomatis daftar pustaka kalian akan muncul





 


Yaa jadi seperti itu teman-teman 😊

Cukup mudah bukan ? 



Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam menuliskan daftar pustaka. Selain itu semoga artikel ini juga dapat menambah pengetahuan bagi kalian semua. Jika kalian ada yang ingin ditanyakan atau mungkin kalian ingin memberikan kritik dan saran yang membangun bagi blog ini kalian bisa menukliskannya di kolom komentar yaa.

Terima kasih sudah mengunjungi My Blogger 💕💕

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memberikan Password Pada Laptop/Komputer Windows 10

Kita tau bahwa Komputer/Laptop merupakan tempat menyimpan banyak file-file yang penting dan terkadang rahasia. Tentu kita tidak ingin kan a...